Cara Backup dan Restore Aplikasi dengan Migrate

Backup dan Restore dengan Migrate

Cara Backup dan Restore Aplikasi dengan Migrate – Untuk pengguna smartphone yang senang gonta-ganti Custom ROM, tentunya mereka perlu menghabiskan banyak kuota internet untuk kembali menginstall Aplikasi yang terinstall sebelumnya.

Sebab itulah, banyak para opreker yang menggunakan app backup untuk melakukan extract pada Aplikasi dalam bentuk file .apk.

Tapi kebayang gak sih, apabila Aplikasi tersebut ternyata memiliki banyak data penting yang tentunya akan lebih memakan waktu ketika di-install kembali?

Sebab itulah kami dari Kotak HP akan memberikan solusi, untuk kalian yang senang gonta-ganti Custom ROM yakni dengan Aplikasi Migrate.

Apa itu Aplikasi Migrate?

Sedikit informasi buat kalian, Migrate adalah Aplikasi Backup dan Restore yang berguna untuk melakukan backup pada semua Aplikasi dan Data Aplikasi yang sudah terinstall sebelumnya.

Dengan begitu, kalian bisa membuat file backup dan melakukan restore ketika selesai menginstall Custom ROM yang baru.

Simplenya begini. Ketika kamu menginstall sekitar 106 Apps di smartphone, Migrate akan menyimpan semua data Aplikasi tersebut, sehingga ketika kalian me-restore nya, otomatis 106 Aplikasi tersebut akan kembali terinstall tanpa kehilangan data sama sekali.

Tapi sebelum melakukan backup ataupun restore, pastikan dulu kalian sudah

  1. Melakukan ROOT pada smartphone – Baca : Cara ROOT Android
  2. Menginstall TWRP – Baca : Cara Install TWRP HP Xiaomi

Cara Backup Aplikasi dengan Migrate

Apabila kalian sudah meng-install TWRP dan juga melakukan ROOT, barulah kita bisa mulai untuk melakukan backup dan juga restore menggunakan Migrate.

  1. Unduh terlebih dahulu Aplikasi Migrate lewat link berikut
  2. Setelah selesai ter-install, jalankan Aplikasi Migrate
  3. Selanjutnya, pilih pada tombol Backup
  4. Pilih aplikasi mana saja yang akan di backup, jangan lupa untuk mencentang semua kotak Apps, Data, dan Perm. Lalu pilih Next
  5. Pada bagian Extras, silahkan disesuaikan dengan keinginan kalian. Sebenarnyaini opsional saja. Bisa juga langsung di skip. Kemudian, tekan tombol Start Backup
  6. Beri nama file backup sesuka hati kalian dan klik OK. Lalu, tunggu sampai prosess backup selesai.

Nah, sampai sini kalian sudah berhasil melakukan backup aplikasi dan data aplikasi dengan Migrate. Kalian juga bisa menyimpan file backup tadi ke komputer / laptop dengan menenukannya di directory Internal Storage\Migrate\filebackup.zip.

Cara Restore Aplikasi dengan Migrate

Jika sudah selesai, kita akan mulai untuk melakukan restore dengan menggunakan Migrate. Caranyapun tidak begitu sulit, kok.

CATATAN : Cara ini di khususkan untuk pengguna yang akan mengganti Custom ROM (menginstall ulang) ya, bukan untuk sekedar Restore saja!

  1. Matikan ponsel kalian dan masuk ke TWRP dengan menekan Tombol Power + Volume Up
  2. Pilih pada Install dan ikuti step berikut ini :
    Install > Pilih File ROM > Add More Zip > GAPPS (opsional) > Add More Zip > File .zip Magisk > Add More Zip > Pilih File Backup tadi (.zip) > Swipe to Install
  3. Note : Jika file backup dari Migrate ternyata lebih dari 1, maka tambahkan semua file .zip tersebut (misal : backup_migrate_part1_of_part3.zip maka install juga part2_of_part3.zip, dan part3_of_part3.zip)
  4. Tunggu sampai prosess Installasi ROM selesai
  5. Setelah selesai, kalian harus melakukan konfigurasi terlebih dahulu diawal tampilan ROM baru, silahkan selesaikan sampai masuk kedalam Home Screen
  6. Buka Aplikasi Migrate yang ada di App Drawer kalian, dan pilih Restore App and Data
  7. Jika muncul SuperSU command, pilih saja GRANT pada Migrate
  8. Reboot perangkat kalian dan semua Aplikasi yang terinstall sebelumnya akan otomatis kembali seperti semula
  9. Selesai

Kesimpulan

Melakukan Backup dan Restore dengan Migrate memang sering kali digunakan para opreker yang senang gonta-ganti Custom ROM. Terlepas dari itu semua, Aplikasi yang sudah di-restore mungkin akan meminta kalian untuk login kembali.

Oke, segitu aja untuk pembahasan dan artikel kali ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Default image
Kotak HP
Hanya sebuah kotak bekas yang kadang disimpan di lemari, gudang, atau bahkan berakhir ditempat sampah.